Wisata Gondola ala Venesia Bakal Hadir di Sulsel, Ini Lokasinya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Pandemi Covid-19 yang menghantam tanah air selama dua tahun terakhir berdampak signifikan pada sejumlah sektor. Salah satu sektor yang paling terpuruk adalah pariwisata. Hal itu diakui Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putera.

Menurutnya, angka kunjungan wisatawan ke Sulsel menurun drastis. Hanya didominasi turis lokal. Karena itu, pihaknya harus putar otak untuk membuat program demi meningkatkan kembali angka kunjungan wisatawan. Terlebih, Sulsel mengandalkan destinasi wisata sumber daya alam.

Dindo mengatakan, pihaknya berencana akan membuat wisata gondola atau perahu dayung seperti yang terdapat di Venesia, Italia. Program prioritas tersebut merupakan terobosan Kepala Disbudpar Sulsel untuk meningkatkan daya tarik pariwisata ke Sulawesi Selatan. Selain itu, program wisata gondola nantinya menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi.

“Tahun ini program tersebut telah masuk tahap visibility study dan pradesain. Pada tahapan itu, pihaknya melibatkan Pusat Unggulan Teknologi Center of Technology (PUSLANTEK-CoT) Universitas Hasanuddin yang menghabiskan anggaran sebesar Rp800 juta,” ujar Dindo di Makassar, baru-baru ini.

Sedangkan tahun depan, pihaknya kembali akan menganggarkan Rp2 miliar untuk Detail Engineering Design (DED) proyek tersebut.

Dindo menuturkan, rencananya gondola akan ditempatkan di dua lokasi. Pertama yakni melintasi CPI ke Pulau Lae Lae. Kedua, Gondola akan melintasi Geopark Maros – Pangkep yang memiliki 30 site. Termasuk di dalamnya Taman Nasional Bantimurung.

  • Bagikan