Empat Daerah di Sulsel Berstatus Zona Hijau

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Kasus Covid-19 yang terus melandai membuat empat kabupaten dan kota di Sulsel kini berstatus zona hijau. 

Masing-masing daerah yaitu Kabupaten Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara dan Kota Pare Pare. Status ini membuat keempat wilayah kini hanya menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1. 

Perubahan ini ditetapkan lewat surat edaran melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) berlaku per tanggal 7-23 Desember.

Menanggapi hal itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel Muhammadong menilai tiap daerah berkerja ekstra dalam memperbaiki penilaian indikator penanganan Covid-19.

“Semua wilayah berlomba-lomba dalam menurunkan levelnya PPKM-nya. Untuk mencapai itu ada indikator yang mereka harus penuhi. Seperti capaian vaksinasi, pergerakan kasus harian, positivity rate serta angka kematian dan kesembuhan per wilayah,” jelasnya kepada FAJAR, kemarin.

Menurutnya semua daerah menginginkan pembatasan level 1. Walaupun beberapa indikator sudah terpenuhi namun jika ada satu unsur yang belum tercapai maka belum bisa dikatakan lolos.

Seperti halnya Makassar. Capaian vaksinasi mereka tertinggi di Sulsel. Namun karena kasus harian dan positivity rate-nya terus terjadi. 

“Kalau keputusan itu tentunya sesuai penetapan pusat. Sulsel tidak punya hak dalam menentukan status wilayah dan pembatasan. Tetapi lebih mendorong bagaimana kabupaten dan kota terus menaikkan seluruh capaiannya,” terangnya. 

  • Bagikan