Gempa di Laut Flores, 134 Rumah dan 2 Rumah Ibadah di Selayar Rusak Berat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gempa berkekuatan Magnitudo 7,5 mengguncang Laut Flores, Selasa (14/12/2021) siang tadi.

Besarnya kekuatan gempa dirasakan di sejumlah daerah dan banyak mengakibatkan kerusakan pada bangunan milik warga.

Salah satu daerah yang terdampak gempa tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Kasi Kedaruratan BPBD Sulsel, Andi Wahid melaporkan ratusan rumah di Selayar dinyatakan rusak berat. Sedangkan 6 orang mengalami luka-luka akibat peristiwa tersebut.

“134 rumah rusak berat, 212 rumah rusak ringan, 2 rumah ibadah rusak berat, 3 sekolah rusak ringan, 2 gedung rusak ringan. Sedangkan 6 orang menderita luka-luk,”katanya.

Untuk data sementara, di Kecamatan Pasilambena Desa Kalaotoa 23 rumah rusak berat, Desa Pulo Madu 11 rumah rusak berat Desa Karumpa 8 rumah rusak berat, 2 gedung rusak ringan, Desa Lembangmatene 1 rumah rusak ringan.

Untuk Kecamatan Takabonerate 1 rumah rusak, Kecamatan Pasimasungsu 4 rumah rusak dan 1 sekolah. Kecamatan Pasi Marannu 298 rumah rusak, 2 rumah ibadah, 2 sekolah, dan 2 tambatan perahu.

Bupati Selayar, Basli Ali mengatakan, tidak sedikit warga yang kocar-kacir dari dalam rumah dan gedung usai merasakan gempa yang terjadi pada pagi tadi. Akibatnya, psikologis warga yang merasakan getaran itu menjadi terganggu.

“Ada beberapa bangunan roboh dan tentu dampak ketenangan dari masyarakat ini secara psikologis ini tentu terganggu. Ini menjadi fokus kami menjadi ketenangan, edukasi ke masyarakat agar jangan terlalu panik,” kata Bupati Selayar, Basli Ali kepada wartawan, Selasa (14/12/2021).

  • Bagikan