Pengecekan Suhu Tubuh Perlu Dimasifkan di Masa Cuaca Ekstrem

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR –  Layanan pengecekan suhu pada instansi atau tempat lainnya mesti dimasifkan kala musim penghujan seperti ini. 

Alasannya, imunitas seseorang bisa berubah akibat pengaruh cuaca. Apalagi mulai longgarnya protokol kesehatan (prokes), sangat memungkinkan penularan diminimalisir. 

Dari pantauan FAJAR. Hanya beberapa tempat saat ini yang masif melakukan pengecekan suhu. Seperti beberapa mall, rumah sakit, hotel, instansi perbankan dan beberapa instansi pemerintah. 

Sementara, mulai banyak tempat yang kini jarang menerapkan protokol kesehatan (prokes). Bahkan hanya dipajang begitu saja tanpa pengawasan. 

Menanggapi hal itu, Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Sulsel Prof Ridwan Amiruddin terang-terangan menyebut jika kepatuhan protokol khususnya instansi swasta maupun pemerintah mulai diacuhkan.

Padahal, pengawasan ini merupakan salah satu langkah dalam mencegah terjadinya penularan yang bisa menyebar kemana-mana. 

“Di Sulsel, kepatuhan prokes semakin menurun bahkan sebagian besarnya tidak lagi dilakukan,” jelasnya kepada FAJAR, kemarin.

Menurutnya paling penting saat ini bagaimana kesiapan setiap instansi dalam melakukan pengawasan di pintu-pintu masuk apalagi saat momen Nataru.

“Pengawasan suhu sangat penting. Apalagi kita dihadapkan dengan musim hujan. Imun seseorang tidak menentu. Makanya pengecekan suhu baik sekali mengetahui kondisi mereka,” terangnya.

Profesor Epidemiolog ini menekankan pengecekan suhu harus berjalan sesuai aturan saat ini begitu pun prokes lainnya. 

  • Bagikan