Piala AFF, Babak Pertama Indonesia vs Vietnam Berakhir 0-0

  • Bagikan
Timnas Indonesia/PSSI

FAJAR.CO.ID, BISHAN—Indonesia dan Vietnam bermain imbang 0-0 di babak pertama laga ketiga Grup B Piala AFF 2020. Nyaris tidak ada peluang berarti kedua negara sepanjang 45 menit.

Jalannya Pertandingan

Kedua klub bermain hati-hati di awal laga. Dalam 10 menit pertama, hampir tidak ada peluang berarti yang mampu diciptakan kedua negara dengan Vietnam mendominasi pertandingan.

Satu percobaan pemain Vietnam, Nguyen Tuan Anh di menit ke-20 melayang jauh di atas mistar gawang. Hingga menit ke-25, Indonesia belum memberikan ancaman selain lemparan ke dalam Arhan Pramata di awal babak pertama.

Dengan formasi 5-4-1 yang dimainkan pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, Vietnam terus mengurung pertahanan Tim Garuda. Mereka melakukan melakukan 71 persen penguasaan bola.

Tembakan tepat sasaran pertama didapatkan Vietnam melalui Nguyen Quang Hai di menit ke-28. Namun, bola bisa dengan mudah diamankan Nadeo Argawinata yang menjadi starter setelah Ernando mengalami cedera saat pemanasan.

Kartu kuning didapatkan Asnawi Mangkualam Bahar setelah menerjang Nguyen Phong Hong Duy di menit ke-30. Sebelumnya, Alfeandra Dewangga juga diganjar kartu kuning setelah melanggar pemain yang sama.

Satu skema sepak pojok mengancam pertahanan Indonesia. Beruntung sepakan kaki kiri Nguyen Cong Phưong masih melenceng di sisi kanan gawang Nadeo.

Memasuki menit ke-35, Indonesia masih bermain sabar dan hanya mencoba melakukan serangan balik. Tendangan bebas didapatkan Indonesia di menit ke-40. Namun, tendangan Irfan Jaya terlalu lemah sehingga dengan mudah dipatahkan pemain Vietnam. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum. (amr)

  • Bagikan