Preview Indonesia vs Vietnam: Tunjukkan Kehebatanmu Garuda!

  • Bagikan
Foto: pssi.org

FAJAR.CO.ID, BISHAN—Indonesia akan menantang juara bertahan Piala AFF, Vietnam di laga ketiga Grup B, malam nanti. Pertandingan di Stadion Bishan ini merupakan ujian sesungguhnya bagi Tim Garuda.

Tak seperti laga kontra Kamboja dan Laos yang dimenangkan dengan mudah oleh Indonesia, anak asuh Shin Tae-yong jelas tidak akan menjadi favorit di laga ini. Perkembangan sepak bola Vietnam yang begitu luar biasa membuat mereka perlahan-lahan menjadi kekuatan besar di Asia Tenggara.

Head to head juga dengan jelas menunjukkan bagaimana superiornya The Golden Star, julukan timnas Vietnam belakangan ini. Pada enam pertemuan terakhir, Vietnam mampu menang empat kali sementara Tim Garuda hanya unggul sekali.

Terbaru, Indonesia dihajar empat gol tanpa balas di matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Juni lalu. Dalam laga itu, terlihat jelas perbedaan kualitas kedua negara. Vietnam yang melakukan 72 persen penguasaan bola tidak membiarkan Indonesia melepaskan satu pun tembakan tepat sasaran.

Di kelompok usia, Vietnam juga mengalahkan timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2019. Mereka menang 2-1 pada laga fase grup sebelum kemudian meraih medali emas setelah menggasak Indonesia dengan skor 3-0 di partai puncak.

Kedua laga itu tersebut juga dipimpin Park Hang-seo yang kemudian dipercaya menangani tim senior. Meski demikian, dalam sejarah pertemuan kedua negara, Indonesia masih unggul head to head. Dari 24 pertemuan sejak November 1991, Indonesia meraih delapan kemenangan berbanding tujuh milik Vietnam.

  • Bagikan