Siap-siap, Vaksinasi Booster Dimulai Januari 2022

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Pemerintah telah mengumumkan pemberian vaksinasi Booster dilakukan per 1 Januari 2022 mendatang. 

Dalam tahapannya, vaksinasi booster atau dosis ketiga akan menggunakan dua sistem, gratis dan berbayar. 

Masyarakat yang berhak mendapat Booster gratis yaitu masuk pada penerima bantuan iuran (PBI). Diluar itu tentunya mereka yang akan dikenakan bayaran.

PBI dan Non PBI sendiri merupakan kelompok peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. 

Artinya, yang masuk dalam PBI yaitu fakir miskin dan orang tidak mampu yang ditetapkan oleh pemerintah dan diatur melalui peraturan pemerintah.

Pakar Kesehatan UMI Makassar dr Nasruddin Andi Mappaware menyebut upaya pemerintah dalam memberikan rasa aman tentunya patut di support. Hanya saja, percepatan vaksinasi dosis pertama dan kedua masih jadi prioritas. 

“Langkah ini tentu upaya baik. Namun capaian dosis pertama dan kedua juga masih perlu di tingkatkan. Meski saat ini sudah terbilang tinggi, tetapi belum sepenuhnya,” ujarnya kepada FAJAR, kemarin.

Data yang dihimpun FAJAR, per Sabtu 11 Desember. Suntikan dosis pertama Sulsel telah menyentuh 53,39 persen sedangkan dosis kedua 33,92 persen. 

“Bisa saja tahun depan banyak layanan Booster. Namun jangan dilupakan percepatan dosis satu dan dua. Sulsel ini masih dikatakan rendah. Belum mencapai herd immunity (kekebalan kelompok),” tegasnya.

  • Bagikan