Antisipasi Penyebaran Covid-19, Jemaat Ibadah Natal Wajib Vaksin Lengkap

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sejumlah gereja di Makassar tengah mempersiapkan perayaan Natal.Seperti halnya, Gereja Toraja Jemaat Rama Kelasis Makassar Tengah, terletak di jalan Dirgantara No.106, Paropo, Panakkukang, Makassar.

Ketua Pimpinan Majelis Gereja Toraja Jemaat Rama, Bertha Patu, menuturkan pada perayaan Natal tahun ini di tempatnya, memiliki syarat khusus. Seperti, harus menerima vaksinasi lengkap atau (dosis 1 dan 2) serta berbadan sehat. Ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Proteksi prokes tetap kami sediakan seperti wajib cek suhu, masker, cuci tangan, cek kartu vaksin, dan jaga jarak saat di dalam gereja. Bahkan jika memungkinkan kita siapkan konsep peribadatan dengan gabungan luring dan daring (hybrid),” jelasnya.

Segala antisipasi pihaknya lakukan. Bahkan sebelum pembukaan serentak tempat ibadah, Bertha mengakui jika Gereja Toraja Jemaat Rama terlebih dahulu bersama pemerintah membuka layanan vaksinasi. “Sebelum semua tempat ibadah sudah mulai di longgarkan, kita dengan Pemkot Makassar ada layanan vaksinasi bagi seluruh jemaat gereja dan warga sekitar dengan vaksin pertama dan kedua. Jadi ada dua kali,” tuturnya.

Pendeta Gereja Toraja Jemaat Rama, Agustinus Pali, menegaskan terkait segala aturan protokol kesehatan, ia sangat berhati-hati dalam penerapannya. Artinya, semua yang menyangkut ibadah harus diterapkan secara komprehensif demi menjaga kesehatan seluruh warga jemaat. “Mau itu pelayanan jemaat Minggu dan pelayanan ibadah lainnya. Kami selalu berpatokan aturan yang dikeluarkan pemerintah terutama surat edaran wali kota. Kami sangat memerhatikan itu dengan mengikuti secara saksama,” tegasnya.

  • Bagikan