Gibran: Varian Omicron Tidak Seganas Varian Delta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat tidak khawatir dengan ditemukannya varian B.1.1.529 atau Omicron di Indonesia. Gibran mengatakan, virus corona varian Omicron tidak seganas varian Delta.

“Varian Omicron tidak seganas Delta, tenang saja. Besok Selasa kami percepat vaksinasi anak usia 6-11 tahun,” kata Gibran, saat ditemui di Solo Tachnopark, Kamis (16/12/2021).

Kemudia soal penyebaran varian Omicron lebih cepat dibandingkan Delta, kata Gibran, semuanya sudah diantisipasi.

Termasuk persiapan fasilitas rumah sakit untuk kemungkinan terburuk jika terjadi gelombang ketiga dan varian Omicron.

“Rumah sakit tetap standby semua. Instruksinya Pak Gubernur itu seperti waktu ada Delta. Kami siapkan semua. Oksigen lengkap, nakesnya siap,” kata gibran.

Putra sulung Presiden Jokowi itu yakin penyebaran virus corona varian Omicron dapat dicegah dengan kesadaran masyarakat di Solo semua sudah divaksin. Gibran menambahkan, jika terus dilakukan pengetatan justru perekonomian tidak bisa bergerak.

“Sudah kita antisipasi semua kok. Kalau ditutup semua, apa-apa diperketat semua ekonomi tidak gerak,” ungkap Gibran.

Di sisi lain, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap keberadaan warga negara asing yang ada di Solo. Hal ini agar mereka tidak dengan mudah keluar masuk wilayah karena dapat berpotensi membawa virus varian baru itu.

Dia tidak menampik bahwa warga negara asing yang tinggal di Solo jumlahnya cukup banyak. (riki/fajar)

  • Bagikan