Pilpres 2024, PKB Disebut Ajak PAN dan PPP Bentuk Poros Koalisi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disebut mengajak Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk suatu poros koalisi untuk pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Muda PAN Dimas Prakoso Akbar mengaku menyambut baik wacana kerjasama membangun poros baru yang diinisiasi PKB.

Menurut, Dimas, kolaborasi PAN dan PKB sebetulnya bukan barang baru karena sudah sering bersama, seperti saat pemerintahan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan pemerintahan Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) pada periode I. Itu lantaran dua partai itu pernah masuk ke kabinet pemerintahan.

“Kemudian PAN dan PKB juga pernah mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Sylviana Murni di pilkada DKI tahun 2017,” ujar Dimas dalam keterangannya, Kamis (16/12).

Karena itu, Dimas mengatakan PAN dan PKB memang memiliki historis kerja sama di berbagai konteks. Dimas berujar, mengenai menjauhi politik identitas, PAN tidak perlu diragukan. Hal itu karena partai berlogo matahari ini adalah partai nasionalis religius yang mengusung politik gagasan.

“PAN didirikan oleh gabungan sejumlah tokoh intelektual dan cendekiawan dari berbagai latar belakang bukan hanya satu kelompok. Kemajuan dan kesejahteraan dapat dicapai melalui politik gagasan bukan politik identitas,” katanya.B

Namun demikian, Dimas mengaku sampai saat belum adanya pembahasan lebih resmi mengenai peluang koalisi antara dua partai tersebut.

  • Bagikan