Workshop Virtual Lab Bosowa School Makassar Bersama Unhas

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sebagai salah satu bentuk menambah pengetahuan praktik siswa, Bosowa School Makassar bekerjasama dengan Prodi Kimia FMIPA Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan Workshop Virtual Lab.

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi Prodi Kimia Universitas Hasanuddin dan juga pelatihan penggunaan perangkat lunak ChemLab dalam pembelajaran laboraturium oleh Dosen Kimia Organik Universitas Hasanuddin, yaitu Dr. Herlina Rasyid, S.Si. dan Syadza Firdausiah, S.Si., M.Sc.

Guru Kimia Bosowa School Makassar sekaligus moderator dalam workshop ini, Sulistiani Jarre mengatakan tujuan dari workshop ini untuk mengenalkan software yang bisa sebagai alternatif dalam praktikum.

“Dikarenakan kondisi pandemi membuat proses pembelajaran menjadi terbatas dan menyebabkan beberapa sekolah mengalami kesulitan untuk praktikum seperti biasa, maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menunjang pembelajaran praktikum secara daring”.

Workshop diawali dengan demonstrasi beberapa praktikum dengan kimia, yaitu praktikum generik lab, tirasi asam basa, dan praktikum reaksi redoks. Hasil dari praktikum ini merepresentasikan hasil sama persis seperti praktikum secara langsung, mulai dari perubahan warna, volume, dan aspek-aspek detail lainnya, tuturnya.

“Penggunaan aplikasi ini sangat bermanfaat dan juga dapat digunakan sebagai simulasi sebelum melakukan praktikum secara langsung” jelas Herlina.

Harapannya setelah workshop ini, siswa bisa melakukan penelitian dengan mudah melalui penggunaan aplikasi ChemLab dalam pembelajaran, selain itu penggunaan aplikasi ini dapat menghemat biaya bahan-bahan praktikum. (rls)

  • Bagikan