Antisipasi Omicron, Random Check Penumpang Bandara Hasanuddin

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bandara Sultan Hasanuddin Makassar bakal menerapkan random chek atau pemeriksaan acak bagi penumpang yang datang ke Makassar. 

Hal ini diungkapkan General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Wahyudi. Kata dia, langkah ini sebagai bentuk antisipasi dalam menangkal masuknya varian baru (Omicron). 

“Kita akan melakukan pemeriksaan (random chek) di kedatangan bagi penumpang pesawat yang baru mendarat ke Makassar,” ujarnya kepada FAJAR, Jumat, 17 Desember. 

Diakuinya, akan mulai berlangsung Minggu depan. Terkait mekanismenya, pihaknya masih menyusun titik yang mesti di waspadai seperti kasus harian setiap wilayah dan daerah yang telah terdeteksi varian Omicron. 

“Rencananya kita mulai, Senin 20 Desember. Jadi setiap kedatangan akan kita cek secara acak melalui swab antingen dan PCR. Apabila ada yang bergejala, akan segera dilakukan penanganan,” terangnya. 

Ketua Perhimpunan Epidemiologi Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin menilai sudah semestinya ada langkah konkrit dan segera khususnya pada pintu masuk ke Sulsel. 

“Deteksi awal sangat penting dilakukan apalagi sudah adanya varian baru yang ditemukan. Kelengahan kita kemarin lantaran minimnya deteksi awal sehingga adanya kejadian luar biasa (KLB),” ungkapnya kepada FAJAR. 

Jika pemerintah, lanjut Guru Besar FKM Unhas ini tidak ingin hal sama terulang kembali. Masifnya testing dan tracing harus segera mungkin dilakukan. 

  • Bagikan