Bencana Mengintai, BPBD Makassar Kekurangan Personel

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — BMKG telah memperingatkan sejumlah wilayah di Indonesia untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

Di Makassar Sulawesi Selatan sendiri beberapa waktu lalu telah terdampak banjir akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

Menanggapi hal itu, BPBD Makassar sendiri mengaku telah berupaya untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi.

Hanya saja, Kepala Pelaksana BPBD Makassar, Akhmad Hendra Hakamuddin mengaku saat ini pihaknya tengah kekurangan personel.

“Kita masih butuh 100 lebih anggota. Kadang ada yang bertugas selama lima hari tanpa henti. Kita rencana bergantian ada yang istirahat kalau sudah capek di lapangan, ada sebagian yang bekerja,” katanya, Jumat (17/12/2021).

Hanya saja, personel yang dibutuhkan adalah orang-orang yang mampu bekerja keras dan memiliki skill yang dibutuhkan.

“Memiliki jiwa dan semangat yang tinggi. Jangan sampai jumlah tenaga cukup, tapi skill tidak ada. Karena sebagian ada yang ada di kita adalah relawan,” ujarnya.

Dia mengaku, telah melakukan koordinasi dengan BKPSDM Makassar dan tentunya dengan Wali Kota Makassar terkait kebutuhan personel tersebut.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Makassar, Suwandi mengatakan, tambahan personel ini memang merupakan salah satu hal yang perlu menjadi perhatian.

Sebagai gambaran kata dia, saat ini BPBD Makassar diperintahkan menyemprot sekolah SMP, SD dan PAUD.

SMPN sebanyak 162 sekolah negeri dan swasta. SD sebanyak 453 negeri dan swasta.

  • Bagikan