Cegah Varian Omicron, Sulsel Perketat Pintu Masuk

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Upaya pemerintah dalam membendung varian Omicron nyatanya tidak bertahan lama. Varian yang dikategorikan ke dalam variant of concern atau varian yang diwaspadai WHO itu, kini mulai terdeteksi di Indonesia.

Masuknya Omicron pertama kali dialami seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet. Hal ini pun diumumkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat siaran pers di kanal YouTube BNPB, Kamis, 16 Desember.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Arman Bausat menegaskan masuknya varian baru tersebut harus disikapi serius. Ia meminta pemerintah daerah berhati-hati.

Dirut RSKD DADI ini juga mengaku akan mempersiapkan segala hal dalam menghalang varian ini masuk hingga ke Sulsel. “Intinya kita akan bahas ini dengan Satgas Covid dan semua pemerintah kabupaten dan kota agar menyiapkan langkah efektif menahan virus ini masuk,” lanjutnya.

Namun begitu, sambung dr Arman. Masyarakat saat ini harus lebih mawas diri akan kepatuhan protokol kesehatan (prokes) dan pemda terus meningkatkan cakupan vaksinasi.

Ketua Tim Pengendalian Covid-19 Sulsel Prof Ridwan Amiruddin menilai saat ini pengawasan pintu masuk ke Sulsel harus diperkuat. Antisipasinya di pintu masuk bandara, pelabuhan, dan pintu pelintasan lainnya. “Sudah seharusnya wajib pemeriksaan ulang PCR bagi mereka yang masuk ke Sulsel,” tegasnya kepada FAJAR.

Bukan hanya itu, Guru Besar FKM Unhas ini menekankan agar pemerintah pusat serius dalam menangani deteksi varian tersebut. Pasalnya, ini pertama kali dialami oleh seorang petugas kebersihan, artinya, ada sumber penularan yang belum diketahui. (asri)

  • Bagikan