ITLA Kembangkan Pariwisata Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum DPP Indonesian Tour Leaders Association (ITLA), Robert Alexander S Moningka, mengatakan, kehadiran ITLA diharapkan bisa membantu mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Dengan pengalaman yang dimiliki member ITLA bertugas di luar negeri, bisa berkontribusi mengembangkan SDM di sektor wisata di Indonesia.

“Konsep pentahelix ditambah satu unsur lagi yaitu market. Tour leader ini yang sering bersentuhan langsung dengan wisatawan. Pengalaman ini yang sekarang lagi kami coba untuk dibagi, salah satunya melalu program merdeka belajar,” jelasnya usai dilantik setelah terpilih pada Munas IV di Hotel Harmoni, Jakarta, Sabtu (11/12/2021) lalu.

Pemilihan tersebut diikuti member dari seluruh Indonesia secara online. Robert Alexander S. Moningka terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum DPP ITLA menggantikan Tetty DS Aryanto yang ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pengawas ITLA periode 2021-2025.

Menurutnya, objek wisata Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak objek yang menarik bagi wisatawan, terutama dari Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, dan negara lainnya. Tantangan pariwisata saat ini adalah menghadirkan SDM yang berkualitas.

“Sekarang tinggal studi tiru saja lagi. Apa yang dilihat di luar negeri bisa diaplikasikan di dalam negeri. Contoh tempat wisata yang menarik dan fasilitas di luar negeri bisa juga diterapkan di sini,” ujarnya.

Kepengurusan yang terpilih saat ini merupakan booster. Program yang sudah berjalan tinggal dilanjutkan dan ditingkatkan. ITLA ingin membantu pemerintah dalam pengembangan sektor wisata.

  • Bagikan