Jadi Temuan BPK, Bapenda Makassar Bubarkan Laskar Pajak

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Laskar Pajak yang ada di lingkup Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar telah dibubarkan.

Pasalnya, keberadaannya telah menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Adanya Laskar Pajak tersebut diduga mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp500 juta.

Plt Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra, mengatakan Laskar Pajak tersebut beranggotakan sekitar 200 orang.

“Untuk sementara saat ini berhubung karena adanya temuan dari BPK dan Inspektorat mengenai Laskar Pajak, maka saat ini kami mengikuti rekomendasi mereka untuk memberhentikan,” katanya, Jumat (17/12/2021).

Untuk menggantikan posisi Laskar Pajak ini kata Firman sapaannya, sesuai dengan arahan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, akan digantikan oleh Laskar Pelangi.

“Jadi tahun depan juga nanti ketika ada pembayaran online pajak di hotel atau restoran ketika ini tidak sesuai dengan kenyataan secara elektronik atau secara faktual laskar pelangi inilah yang akan memantau nanti,” ujarnya.

Di sisi lain dia menyebut, untuk di Bapenda pihaknya akan menggenjot pendapatan pajak untuk tahun 2022.

“Ini yang terbayar baru 700 hotel dan restoran sedangkan objek pajaknya hampir puluhan ribu. Inilah kita akan uji petik dengan beberapa hotel terlebih dahulu apabila ini berhasil dengan menggunakan laskar pelangi maka akan ditingkatkan lagi kedepannya,” ujarnya.

Diketahui, Laskar Pajak Selama ini bertugas ke tempat usaha seperti hotel, restoran, hiburan dan lainnya. Hal itu untuk melakukan pengawasan dan pencatatan di setiap transaksi, sehingga penerimaan pajak lebih optimal. (selfi/fajar)

  • Bagikan