Anak Usia Dini Mesti Dilatih Hadapi Masalah, Kalau Tidak, Bahaya!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anak yang masih berusia dini rupanya sudah harus dihadapkan dengan masalah, agar kelak bisa beranjak remaja hingga dewasa nanti, anak itu bisa memecahkan masalah tanpa mengharap orang lain.

Hal tersebut disampaikan Aris Ananda, Education and Trainer dan pendiri HACI Agency, dalam diskusi virtual Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) Batch 3.

Salah satu masalah kecil yang harus diajarkan kepada anak usia dini adalah permasalahan sampah. Menurut Aris, masalah ini dianggap mudah diajarkan kepada anak sekaligus melatih pola pikirnya dalam hal pengolahan sampah, agar tidak dibuang di sembarang tempat.

“Seperti buang sampah pada kehidupan sehari-sehari. Bahaya buang sampah yang sembarangan, harusnya diajarkan sebelum pra sekolah,” kata Aris kepada wartawan, belum lama ini.

Selain itu, Aris menambahkan bahwa terdapat tiga macam kecakapan yang harus diajarkan kepada anak usia dini. Menurutnya, usia dini adalah masa keemasan seorang anak untuk merangsang pikiran terhadap lingkungan sekitarnya.

Sehingga bila sudah tiba saatnya masuk di jenjang sekolah dasar, anak tersebut sudah punya pemikiran untuk memecahkan masalah kecil di lingkungan sekitarnya, tanpa merasa tertekan.

Kata Aris, tiga jenis kecakapan itu adalah kecakapan personal, rasional, dan sosial.

Kecakapan personal sendiri adalah berdasarkan kesadaran eksistensi atau kesadaran potensi diri seorang anak. Kedua, kecakapan rasional adalah kecakapan untuk menggali, mengolah informasi, dan mengambil keputusan dan memecahkan masalah.

  • Bagikan