Direktur PT Samudra Nusantara Barru Adukan Pelindo ke KPPU, Ini Keluhannya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU — Direktur Utama PT Samudra Nusantara Barru (Perseroda), Faisal Baharuddin mengadukan PT Pelindo kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terkait pengelolaan Pelabuhan Garongkong.

Pelabuhan Garongkong selama ini dikelola oleh PT Samudra Nusantara Barru dimana perencanaan dan pembangunannya diinisiasi bersama Pemkab Barru dan Kementerian Perhubungan dengan menggunakan dana bukan hanya APBN tetapi juga APBD Kabupaten Barru.

Faisal Baharuddin mengatakan mulai dari sejarah pendirian Pelabuhan Garongkong diinisiasi oleh Pemda Barru semasa kepemimpinan Muhammad Rum.

Bahkan Muhammad Rum sempat sowan ke Jendral Andi Mattalatta menyampaikan bahwa Barru bisa dibuatkan pelabuhan.

“Bau Rum ada relasi untuk rencana pembangunanan pelabuhan tersebut. Dan yang pertama mendirikan jeti di Garongkong. Kebetulan pada waktu itu Andi Mattalatta kenal juga pada Mentri Perhubungan yaitu Agung Gumelar,” kata Faisal, Jumat (17/12/2021).

Saat itu, Andi Mattalatta sempat menghubungi Menetri Perhubungan, Agung Gumelar dan akan mengkoordinasikan dengan stafnya.

Hingga akhirnya dimulailah studynya pada 2005. Pada waktu itu Pemda mengeluarkan anggaran untuk biaya study Amdal, DLKP, DLKR, untuk kelayakan pembangunan pelabuhan disana.

Saat itu, anggaran dari Kementerian Perhubungan hanya cukup untuk pembangunan dermaga dan prestel.

Sehingga pemerintah pusat meminta Pemda Barru untuk membangaun jalan aksesnya sekitar 1,1 km.

Dalam perkembangannya, setelah 2008 pembangunan pertama adalah Pelabuhan Feri Andi Mattalatta yang kemudian lanjut ke Pelabuhan Laut Garongkong hingga 2014.

  • Bagikan