Jenis-jenis Transaksi Perusahaan Dagang yang Perlu Diteliti Lagi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID–Umumnya, perusahaan terbagi ke dalam 3 kategori yakni perusahaan dagang, perusahaan manufaktur dan perusahaan jasa.

Sekalipun dalam mengoperasikan perusahaan tersebut menerapkan metode yang berbeda, tetapi hampir seluruh transaksi perusahaan memiliki banyak kesamaan.

Khususnya perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang. Misalnya saja transaksi untuk sistem pre order barang, transaksi untuk barang grosir dan juga retail.

Secara singkat, transaksi sendiri merupakan salah satu aktivitas jual beli yang dilakukan semua orang, khususnya kita yang berkecimpung di dalam dunia bisnis.

Pada artikel kali ini, transaksi perusahaan yang akan dibahas adalah transaksi perusahaan dagang di mana seluruh jenis transaksi yang terjadi dalam perusahaan dagang akan dibahas lebih lanjut dan lebih terperinci.

Jenis-jenis transaksi perusahaan

1.   Transaksi pembelian barang dagang

Transaksi pembeli barang dagang merupakan kegiatan kita membeli bahan baku atau produk tertentu dari pedagang lain. Adapun pedagang lain yang dimaksud bisa saja pedagang perorangan, toko atau distributor hingga perusahaan lain.

Dalam melakukan transaksi pembelian barang dagang, ada dua cara dalam bertransaksi yakni transaksi secara tunai ataupun secara kredit.

Transaksi secara tunai antara kita selaku pembeli dengan pedagang atau supplier akan dicatat di dalam catatan arus kas atau jurnal keuangan dan termasuk ke dalam kas debit atau pembelian secara debit (software manajemen keuangan).

  • Bagikan