Kenalkan Ryan, Alumni STM Perkapalan, Setelah Lulus Malah Main Boneka

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masa depan seseorang tak ada yang tahu. Kuliah di mana pun dan jurusan apa pun, bukan penentu seseorang bisa berkarier sesuai dengan latar pendidikan yang dia miliki.

Salah satunya Ryan Shahrezade. Pria berusia 42 tahun ini pernah kuliah di STM Perkapalan tahun 1993 – 1996. Namun, ilmu yang ia miliki justru sangat jauh berbeda dengan profesi yang ia tekuni sekarang.

Ryan kini menjadi dalang boneka tali di sejumlah taman kanak-kanak di berbagai wilayah di Jabodetabek. Bahkan, ia pernah meraih juara dongeng tingkat nasional dan pernah menjadi pendongeng serial Dufan Defender TV anak Space Toon.

Ryan bilang, dirinya bisa menjadi dalang boneka tali sampai mampu menghibur anak-anak di sejumlah sekolah di Jabodetabek berawal di Pasar Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta Utara pada puluhan tahun silam.

“Saya belajar tahun 95 bergabung di sebuah komunitas dalang boneka juga. Yang dulu suka jalan di Dufan, kita punya panggung yang selalu ada pertunjukan (boneka tali) setiap hari Sabtu dan Minggu,” kata Ryan dalam diskusi virtual bersama wartawan.

Sekitar sembilan tahun lamanya, Ryan mulai mahir memainkan boneka tali dan sangat disukai oleh pengunjung Dufan, yang saat itu didominasi oleh anak-anak.

Namun sayang, pada sekitar tahun 2004, pihak Dufan mulai menghapus program boneka tali yang dimainkan oleh Ryan dan rekan-rekannya. Otomatis, mereka tak punya kesempatan lagi menghibur anak-anak karena perkembangan zaman.

  • Bagikan