Penumpang Lagi Ramai-ramainya, Miris! Garuda Hanya Bisa Terbangkan 11 Pesawat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan menyebut Garuda Indonesia punya tunggakan utang ke Pertamina sudah sekitar Rp 16 triliun.

Utang segajah itu membuat maskapai kebanggaan Indonesia ‘sakit keras’. Masihkan Garuda baik-baik saja?

Alhasil, Garuda terseok-seok. Sampai Kamis lalu, Garuda hanya terbang dengan 11 pesawat, padahal masih punya 40 lebih pesawat.

“Itulah hari terbang paling minimal bagi Garuda. Setidaknya selama banyak tahun terakhir. Masalahnya mau diterbangkan pakai bahan bakar apa. Pertamina sudah tidak mau lagi memasok avtur. Utang avturnya ke Pertamina sudah sekitar Rp 16 triliun,” kata Dahlan dikutip dari situs Disway bertajuk Avtur Eceran, Sabtu (18/12/2021).

Yang lebih parahnya lagi Pertamina sudah tidak mau lagi memasok avtur. Meski kebijakan itu telat, namun memang harus ditempuh. Setidaknya agar Garuda lebih bekerja keras untuk ‘sembuh’.

Dahlan membocorkan, satu-satunya toleransi yang masih diberikan Pertamina adalah boleh dapat BBM asal bayar kontan. Sebelum ada uang masuk ke rekening Pertamina, BBM tidak akan dikucurkan.

Seberapa masuknya uang, segitulah BBM yang diisikan ke pesawat.

“Rupanya Garuda masih punya uang. Masih bisa untuk membeli BBM secara eceran. Meski hanya cukup untuk 11 pesawat,” cetusnya.

Sayang memang kalau Garuda tidak bisa lagi terbang. Hari-hari ini jumlah penumpang lagi ramai-ramainya.

  • Bagikan