Percepat Capaian Herd Immunity, Sulsel Siapkan Vaksinasi Malam Hari

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kesulitan pemerintah dalam meningkatkan cakupan vaksinasi, terlihat jelas hingga saat ini.

Berbagai upaya pun dilakukan agar semestinya segera membentuk herd immunity (kekebalan kelompok). Akan tetapi, kenaikan capaian per hari relatif rendah. 

Data yang dihimpun FAJAR, per Minggu, 19 Desember. Cakupan vaksinasi dosis pertama Sulsel sudah berkisar 59,4 persen atau menyasar 4.211.767 jiwa. 

Sementara, cakupan dosis kedua berkisar 36,6 persen atau menyasar 2.585.078 jiwa dari target populasi 7.085.141 jiwa. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammadong membenarkan jika belakang ini

kesulitan dalam terus meningkatkan capaian vaskin Covid-19 ini. Kendati demikian, pemerintah tentunya tidak ingin terlena. Makanya, berbagai upaya kembali akan dilakukan agar terus menaikkan hingga tercapai kekebalan komunal. 

“Nantinya sejumlah puskesmas kabupaten dan kota akan membuka layanan vaksinasi pada malam. Begitu juga mobile vaksinator yang turun malamnya,” kata dia kepada FAJAR, Minggu, 19 Desember.

Ini dilakukan agar masyarakat yang sulit menerima vaksinasi pada pagi hari akan dijangkau di malam harinya. 

“Ada beberapa daerah sebenarnya sudah tersedia seperti di Toraja, Soppeng dan Bone, sisa kita perluas. Adanya langkah ini bisa terus meningkatkan capaian vaksinasi kita,” harapnya.

Percepatan vaksinasi rupanya hal yang mesti disegerakan setiap wilayah. Alasannya, tentu dalam menghadapi varian baru Omicron yang sudah terdeteksi dan saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

  • Bagikan