Terhimpit Utang? Baca Doa Ini Saat Pagi dan Sore Hari

  • Bagikan
Ilustrasi doa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tentu sangat berat rasanya jika kita terus dihantui dengan utang. Adalah orang yang merugi jika berusaha membayar utang akan tetapi tidak meminta bantuan kepada sang Maha Kaya.

Salah satu caranya adalah dengan membaca doa ini. Doa yang diajarkan Rasulullah kepada Abu Umamah agar terbebas dari himpitan utang adalah:

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, ia berkata, Rasulullah SAW pada suatu hari masuk masjid, dan ternyata terdapat seorang sahabat dari Anshar yang dipanggil Abu Umamah, beliau bersabda, “Ada apakah gerangan aku lihat engkau duduk di masjid bukan pada waktu shalat?”.

Dia menjawab, “Kegundahan dan utang yang selalu menyelimutiku wahai Rasulullah shallallahu alaihi wasallam”.

Beliau bersabda, “Maukah aku ajarkan perkataan yang apabila kamu ucapkan maka Allah azza wa jalla akan menghilangkan kegundahanmu dan melunaskan utang-utangmu?”.

Dia berkata, “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Apabila kamu berada di pagi dan sore hari, maka ucapkanlah:

“Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzubika minal jubni wal bukhli wa a’udzubuka min ghalabatid daini wa qahrir rijaal”.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan bakhil (pelit) dan aku berlindung kepada-Mu dari terlilit hutang dan pemaksaan dari orang lain.

Abu Sa’id Al-Khudri berkata, “Maka aku pun melaksanakannya dan ternyata Allah ‘Azza wa Jalla menghilangkan kegundahanku dan melunasi utang-utangku.” (HR. Abu Daud)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan