Anies Predikat Terbaik Tangani Pandemi dan Transportasi, Ganjar Masalah Kemiskinan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Survei KedaiKopi merilis survei kinerja kepala daerah dalam menangani permasalahan di wilayahnya. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan unggul di penanganan COVID-19 serta transportasi umum, sedangkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di pemberantasan kemiskinan.

Survei digelar pada periode 2-6 November 2021 dengan melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun. Metode survei menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

KedaiKopi awalnya menampilkan hasil survei gubernur terbaik di Provinsi Jawa dalam penanganan COVID-19. Responden diberikan pertanyaan ‘Menurut anda, di antara Gubernur-Gubernur Provinsi di Jawa berikut ini mana yang memiliki level hasil penanganan COVID-19. Berikut hasilnya:

  1. DKI Jakarta-Anies Baswedan: 37,2%
  2. Jawa Tengah-Ganjar Pranowo: 29,1%
  3. Jawa Barat-Ridwan Kamil: 19,0%
  4. Jawa Timur-Khofifah Indar Parawansa: 12,6%
  5. Banten-Wahidin Halim: 2,1%

Kemudian, responden diberikan pertanyakan siapakah Gubernur di Indonesia yang paling baik menangani sejumlah permasalahan di wilayahnya. Permasalahan yang diangkat meliputi 6 bidang yakni transportasi umum, pendidikan, COVID-19, kesehatan, lapangan kerja dan kemiskinan.

Hasilnya, Anies Baswedan unggul di empat bidang dibandingkan gubernur lainnya yaitu pembangunan transportasi umum sebesar 28,9%, pendidikan 28,5%, penanganan COVID-19 28,1% dan kesehatan 25,4%. Sedangkan, Ganjar unggul dalam penyediaan lapangan kerja 27,0% dan penanganan kemiskinan 32,4%.

“Terlihat Pak Ganjar unggul di penanganan kemiskinan dan Pak Anies unggul di transportasi umum, pendidikan, COVID-19 dan kesehatan (namun) hanya terpaut sedikit dari Pak Ganjar,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi virtual, Minggu (19/12/2021). (Riki/ Fajar)

  • Bagikan