Dua Roket Serang Irak, Zona Hijau Jadi Sasaran

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, IRAK — Dua roket Katyusha menghantam wilayah zona hijau di Baghdad, Irak, pada Minggu (19/12) waktu setempat.

“Zona hijau di Baghdad menjadi sasaran dua roket Katyusha. Yang pertama ditembak jatuh di udara oleh sistem pertahanan C-RAM, yang kedua jatuh ke daratan dan merusak dua kendaraan,” tulis pernyataan pasukan keamanan Irak kepada AFP yang dikutip Fajar.co.id.

Sumber mengatakan kepada AFP bahwa salah satu roket jatuh di dekat Kedutaan Amerika Serikat (AS).

Hingga saat ini, tak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Sejauh ini, masih belum ada korban jiwa yang dilaporkan, dikutip dari Reuters.

Irak, atau zaman dahulu yang di kenal sebagai Negara Babilonia, memiliki lokasi Zona Hijau-nya sebagai tempat untuk berbagai kedutaan dunia. Termasuk Kedutaan Amerika Serikat.

Yang mana Gedung pemerintah juga kerap menjadi sasaran roket yang dinilai pejabat AS dan Irak didukung oleh Iran.

Pada Juli lalu, Kedubes AS di Irak sempat menjadi sasaran serangan roket. Sebanyak tiga roket dilaporkan ditembakkan ke arah gedung itu.

Militer Irak menyatakan, tembakan roket tadi tak langsung mengenai gedung kedubes AS, tetapi tiga tempat di dekat Zona Hijau di Ibu Kota Baghdad yang dijaga ketat aparat.

Serangan ini terjadi tak lama setelah sejumlah pangkalan militer AS di Irak dan Suriah turut menjadi target tembakan roket dan pesawat tak berawak (drone). (Riki/Fajar)

  • Bagikan