KLHK dan MUI Inisiasi Gradasi, Seperti Ini Targetnya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Pengelolaan Sampah melalui Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut (TKN PSL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menginisiasi gerakan sedekah sampah Indonesia (GRADASI).

Gerakan GRADASI tersebut merupakan upaya KLHK dalam rangka mencapai target pengurangan atau reduksi sampah plastik ke laut pada 2025. Demi mewujudkan dan mensosialisasikan GRADASI, serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah, Sekretariat TKN PSL menyelenggarakan acara GRADASI Akbar dengan tema “Kolaborasi Mengubah Sampah Menjadi Barokah”.

Deputi Pengelolaaan Sampah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rofi Alhanif menilai kegiatan GRADASI sangat luar biasa.

Dia berharap kegiatan tersebut terus berjalan, meluas, dan semakin banyak plastik dan sampah yang bisa dikumpulkan untuk didaur ulang, karena dampaknya juga sangat luar biasa ke sektor perekonomian. “Kami atas nama Kementerian sangat mengapresiasi. Sebagai penggerak semoga hal ini dapat memberikan manfaat, karena ini juga bagian dari sedekah kita,” kata Rofi.

Sekretariat TKN PSL Ahmad Bahri Rambe mengatakan bahwa dengan adanya gerakan sampah ini diharapkan masyarakat bisa menyedekahkan sampahnya yang masih layak untuk dijual ke masjid. “Sehingga, sampah tidak perlu berakhir ke tempat pembuangan akhir,” ungkap Ahmad.

Ahmad mengatakan tempat pembuangan akhir memiliki permasalahan, yakni tidak sanggup menerima dan menampung sampah. “Sedangkan kapastitas sampah kita 2.000 ton di kabupaten Bekasi tetapi kemampuannya yang bisa dikelola sekitar 700,” bebernya.

  • Bagikan