Metaverse Jadi Trend Baru Masa Depan Dunia Digital, Bakal Masuk Indonesia?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah mendapat bocoran soal metaverse dari pendiri Facebook Mark Zuckerberg sejak 2016 lalu. Dia berkata, Mark pernah mengajaknya bermain pingpong menggunakan virtual reality (VR).

Saat bermain, Mark memperkenalkan Jokowi dengan jagad baru dunia virtual atau metaverse. Mark, kata Jokowi, memprediksi metaverse akan jadi bagian kehidupan manusia di masa mendatang.

“Dia memberi tahu ke saya, ‘Presiden Jokowi, ini dalam 10-15 tahun lagi akan muncul seperti kita main pingpong ini. Setiap orang nanti bisa beli lahan virtual, bisa bangun bisnis virtualnya sendiri, dan juga akan ada mal virtual, gym virtual, wisata virtual’,” kata Jokowi saat peresmian Gerakan Percepatan Generasi Digital di Jakarta, pekan lalu.

Jokowi mengaku awalnya tidak bisa membayangkan apa yang disampaikan Mark. Namun, ia baru sadar setelah beberapa waktu terakhir perusahaan-perusahaan teknologi internasional merambah metaverse.

Dari hal ini, Indonesia perlu secepatnya mempelajari metaverse. Ia ingin Indonesia memanfaatkan fenomena ini untuk mengejar ketertinggalan di bidang teknologi.

“Facebook yang sudah berubah jadi Meta. Epic Games, Roblox, Microsoft semua masuk ke sana sehingga perlu disiapkan strategi negara kita. Negara kita perlu menyiapkan sebuah strategi agar kita tidak tertinggal jauh oleh negara-negara lain,” ucapnya.

Jokowi telah memerintahkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makariem mempersiapkan talenta digital. Dia optimistis Kampus Merdeka bisa mencetak jutaan tenaga kerja yang punya pola pikir digital.

  • Bagikan