PVMBG Catat Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 3 Km

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG – PVMBG mencatat Gunung Semeru kembali meluncurkan awan panas guguran sejauh tiga kilometer, Minggu. Luncuran awan panas guguran itu terjadi pada periode Minggu pukul 00.00-06.00 WIB.

“Berdasarkan pengamatan secara visual dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur terpantau awan panas guguran yang dengan jarak luncur sejauh tiga kilometer ke arah Besuk Kobokan,” kata Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Khaerani di Kabupaten Lumajang, Jatim.

Secara visual juga teramati awan panas guguran dengan jarak luncur 3.000 meter mengarah ke tenggara dan teramati api diam, serta sinar api saat visual gunung terlihat jelas.

“Untuk aktivitas kegempaan tercatat awan panas guguran sebanyak satu kali dengan amplitudo 20 mm selama 720 detik, kemudian terjadi delapan kali guguran dengan amplitudo 2-8 mm selama 30-60 detik,” tuturnya.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) juga mengalami gempa embusan sebanyak satu kali dengan amplitudo 7 mm selama 65 detik dan gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 7 mm selama 120 detik.

“Awan panas guguran Gunung Semeru berasal dari dua sumber yakni bagian atas (pertumbuhan kubah lava) dan dari bawah (ujung lidah lava),” katanya.Sementara aktivitas Gunung Semeru pada periode pengamatan Minggu pukul 06.00-12.00 WIB terpantau secara visual gunung tertinggi di Pulau Jawa itu terlihat jelas dan terjadi satu kali guguran dengan jarak luncur 200 meter ke arah Curah Kobokan.

  • Bagikan