Siapkan Dana Rp2.5 Triliun, Kemendikbudristek Tantang Mahasiswa KIP Berprestasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI, mengalokasikan dana sebesar Rp2.5 Triliun untuk mengcover biaya pendidikan pelajar se-Indonesia melalui beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP). Anggaran fantastis tersebut termasuk dialokasikam untuk biaya hidup pelajar berprestasi.

Hal tersebut diungkapkan Sub Koordinator KIP-Kuliah Merdeka 2021 Puslapdik Kemendikbudristek, Dr. Muni Ika, S.Pd.,M.Pd, saat tampil membawakan materi pada Webinar Nasional Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah Merdeka 2021 yang digelar Bidang III Kemahasiswaan dan Kerjasama Politani  Pangkep secara virtual melalui Aplikasi Zoom dan live youtube Polipangkep, Minggu 19 Desember 2021.

“Saat ini anggaran yang dialokasikan untuk KIP kuliah sebesar Rp 2,5 Triliun, ini bukan dana yang sedikit yang kita keluarkan untuk mengcover  keseluruhan biaya pendidikan hingga biaya hidup yang disesuaikan dengan daerah tiap mahasiswa. Oleh karena itu, saya tantang Mahasiswa KIP kuliah ini harus memberi prestasi dan saya akan tagih itu!” ungkap Munir yang tampil bersama dua pemateri lain diantaranya Brili Agung dan Muhammad Risman dari sektor swasta.

Menurut Muni, KIP Kuliah merupakan wujud komitmen Kemendikbudristek dalam memberikan akses pendidikan tinggi yang merata, berkualitas dan berkesinambungan, dan menjadi jembatan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara financial untuk mewujudkan mimpinya.

“Jangan menjadi orang yang biasa- biasa saja. Anda harus menjadi orang yang sangat luar biasa, tunjukan prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik, manfaatkan beasiswa KIP ini dengan luar biasa berprestasi,” harap Muni.

  • Bagikan