Varian Omicron Masuk Indonesia, Kemenkes Sampaikan Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menduga kasus varian Omicron pertama di Indonesia berasal dari Nigeria. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan asal varian Omicron masuk ke Indonesia diduga dari seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Nigeria pada 27 November 2021.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan temuan kasus varian Omicron terdeteksi pada seorang petugas kebersihan berinisial N yang bekerja di RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Kamis (16/12).

Diungkapkan Nadia, pasien N tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri sebelum terkonfirmasi terpapar Omicron.

Dengan begitu, Kemenkes menyimpulkan N tertular dari WNI yang datang dari luar negeri dan melakukan karantina di Wisma Atlet. Tercatat ada 169 WNI dari luar negeri yang melakukan karantina di Wisma Atlet pada rentang waktu 24 November hingga 3 Desember 2021 yang telah dilakukan tracing.Hasilnya, pasien berinisial TF masuk dalam kategori kemungkinan besar kasus varian Omicron. Nadia menjelaskan terdeteksinya kasus pertama Omicron di Indonesia merupakan salah satu fungsi utama dari karantina bagi setiap orang yang masuk ke negara Indonesia.

Melalui karantina, pelaku perjalanan dari luar negeri akan dipantau dan diobservasi oleh petugas kesehatan sehingga mereka yang didapati positif Covid-19 bisa dengan segera dilakukan tracing.

  • Bagikan