Abu Janda Sebut Ceramah Ustaz Firanda Miskinkan Umat Islam

  • Bagikan
Permadi Arya alias Abu Janda / Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masih soal natal. Permadi Arya atau Abu Janda mengomentari sepenggal video ceramah Ustaz Firanda Andirja.

Dalam ceramah Ustaz Firanda yang diunggah di Instagram Abu Janda, dijelaskan tentang hukum menjual kue kepada orang yang akan merayakan natal.

Ustaz Firanda yang menerima pertanyaan itu dari jemaah menjawab bahwa hal itu dilarang. Firanda menganggap, hal itu sama saja membantu perayaan hari sakral non muslim.

“Nggak boleh. Kalau dia (pemesan kue) tidak bilang untuk perayaan natal, boleh saja. Tapi kalau dia bilang untuk natalan, nggak boleh karena itu adalah acara kesyirikan,” tegas Ustaz Firanda.

Abu Janda pun merespons di keterangan unggahan video ceramah Ustaz Firanda. Abu Janda menyebut, ceramah itu membuat umat Islam jadi miskin akan paham agama.

“Makanya umat Islam masih banyak yang miskin.. Karena ustadz nya diajarin diajarin untuk miskin. #kegoblokanberagama,” tulis Abu Janda dikutip Fajar.co.id.

Padahal sebelumnya bagi Abu Janda, tidak ada dalil dalam Al Qur’an dan hadist yang melarang umat Islam terlibat dalam perayaan natal. Termasuk mengucapkan selamat natal. (Ishak/fajar)

  • Bagikan