Diterjang Awan Panas Guguran Gunung Semeru, Begini Kondisi Masjid Baitul Adzim

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LUMAJANG – Para sukarelawan, warga, dan aparat bersama-sama melakukan pembersihan terhadap Masjid Baitul Adzim, Dusun Curah Kobokan, Lumajang yang masih berdiri meski terkena awan panas guguran (APG) Gunung Semeru.

Peltu Hermawan dari TNI AL mengatakan upaya pembersihan terbilang tidak mudah. Lumpur yang melekat di atap masjid sangat sulit dibersihkan karena cepat mengering. Dia menerangkan abu vulkanik yang mengenai masjid ketika terkena air berubah menjadi lumpur yang ketebalannya lebih dari satu meter. “Material lumpurnya pun cepat mengeras seperti cor-coran,” ucapnya.

Akibatnya, upaya pembersihan yang dilakukan sejak 17 Desember lalu pun berlanjut hingga beberapa hari kemudian. Dia berharap para sukarelawan yang masih ada bisa membantu jika kondisi sudah aman.

“Puluhan sukarelawan harus naik karena pasir di lantai dua cukup tebal. Begitu pula dengan di halaman masjid,” tuturnya. Ibrahim (50) salah satu sukarelawan memanjat puji syukur kepada Allah SWT karena masjid itu bisa terselamatkan meski terkena APG Gunung Semeru.

“Meski diterjang lumpur setebal itu, masjid itu masih kuat berdiri. Kalau bangunan yang lain, pasti roboh,” tuturnya.

Sejauh ini, proses pembersihan masjid baru 50 persen dan sangat membutuhkan alat berat untuk membersihkan lumpur yang berada di depan halaman. (jpnn/fajar)

  • Bagikan