Obesitas Berisiko Tinggi Terjangkit Covid-19

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Obesitas atau kelebihan berat badan dapat memicu berbagai resiko penyakit seperti halnya resiko penderita Covid-19.

Diketahui, virus Covid-19 dapat menginfeksi sel-sel lemak manusia. Banyak obesitas memiliki pelbagai jaringan lemak.

Jika terbukti menginfeksi lemak dan sel-sel kekebalan tertentu yang ada di jaringan lemak tubuh. Maka bisa memicu respon imun seseorang menjadi angresif sehingga bisa merusak organ di sekelilingnya. 

Menanggapi hal itu, Koordinator Pelayanan dan Penunjang Kesehatan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Makassar dr Pither Sandy Tulak menilai seorang obesitas bisa saja lebih mudah terinfeksi Covid-19. 

Alasannya, berbagai penyakit bisa menyerang seseorang yang memiliki lemak berlebihan. Entah itu diabetes, kanker, hipertensi, stroke, gagal ginjal, penyakit jantung dan sebagainya. 

“Seperti virus Covid-19 sendiri. Pastinya bisa menyerang siapa saja termasuk mereka memiliki obesitas. Apalagi, rentangnya imun mereka akibat pola makan yang tidak teratur,” ucapnya kepada FAJAR, Senin, 20 Desember.

dr Sandy sapaanya, mengaku makanya kesehatan dunia mengahdirkan berbagai antibodi berupa vaksin agar masyarakat memiliki daya tahan tubuh yang kuat saat beraktivitas. 

Pakar Ilmu Gizi FKM Unhas Prof Veni Hadju menilai selain vaksinasi dan protokol kesehatan. Seseorang harus menjaga kesehatan dan pola makan yang bergizi.  

Diakuinya, imun merupakan salah satu kunci dalam menangkal virus. Sebab, hal ini bisa memberikan perlindungan diri kepada seseorang dan pastinya orang lainn.

  • Bagikan