Sidang Aziz Syamsuddin, Stepanus Robin Pattuju akan Dihadirkan Bersaksi

  • Bagikan
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri. (Dery Ridwasah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan kasus dugaan suap penanganan perkara di Lampung Tengah, dengan terdakwa mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Rencananya mantan penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju diagendakan bersaksi di persidangan.

“Rencana saksi-saksi mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, pengacara Maskur Husain, dan Sebastian D Merawa,” kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (20/12).

KPK berharap saksi yang diagendakan bisa memberikan keterangan yang benar di dalam persidangan. Hal ini tidak lain untuk menguatkan dakwaan kepada Azis Syamsuddin.

Dalam perkaranya, mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin didakwa menyuap mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju senilai Rp 3.099.887.000 dan USD 36.000 atau senilai Rp 519 juta. Suap itu terkait penanganan perkara korupsi yang diusut KPK di Lampung Tengah.

Suap tersebut dengan maksud agar Stepanus Robin Pattuju dan seorang pengacara Maskur Husain membantu mengurus kasus yang melibatkan Azis dan politikus Golkar Aliza Gunado terkait penyelidikan KPK di Lampung Tengah.

Karena Aliza dan Aliza mengetahui KPK tengah menyelidiki kasus dugaan suap penerimaan hadiah atau janji terkait pengurusan DAK APBN-P Kabupaten Lampung Tengah Tahun Anggaran 2017. Kemudian Azis dan Aliza berusaha agar dirinya tidak dijadikan tersangka oleh KPK, dengan berupaya meminta bantuan kepada penyidik KPK.

  • Bagikan