Tim SAR DIY Evakuasi Sistem Peringatan Dini Tsunami di Perairan Selatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tim SAR Wilayah II Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengevakuasi sistem peringatan dini tsunami yang berada di perairan selatan tiga mil dari garis pantai.

“Kami mengevakuasi sistem peringatan dini (EWS) tsunami menggunakan perahu jukung dengan perjalanan sekitar 2 jam sampai di Pantai Baron, dari 10.15 WIB sampai 12.15 WIB,” kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Surisdiyanto di Gunung Kidul, Minggu (19/12).

Surisdiyanto mengatakan penemuan EWS tsunami ini bermula dari laporan nelayan Pantai Baron Maryono saat sedang menangkap ikan di kawasan pantai selatan.

Para nelayan melihat benda terapung dan mendekati benda tersebut. Saksi yang bernama Maryono tidak tahu benda apakah itu dan langsung menghubungi petugas SAR yang berada di Posko SAR Baron melalui telepon.Petugas SAR Satlinmas langsung mendatangi lokasi sesuai koordinat yang disampaikan nelayan menggunakan perahu jukung dan jetsky. Setelah itu. Baca Juga: Sudah Sepekan, Tim SAR Belum Temukan Mukhromin yang Melompat ke Laut, Semoga

“Kami langsung melakukan evakuasi dengan menerjunkan seluruh personel dan dibantu nelayan mengevakuasi EWS tsunami tersebut,” katanya.Surisdiyanto mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan berbagai pihak, terkait penanganan EWS tsunami ini. “Belum tahu langkah yang akan dilakukan selanjutnya, apakah mau dikembalikan ke lokasi semula, karena kami juga tidak tahu posisi awal alat ini,” katanya. (ant/jpnn/fajar)

  • Bagikan