Cegah Gelombang Covid-19, Ini Kebijakan Pemerintah pada Periode Nataru

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah telah melaksanakan Rapat Tingkat Menteri tentang Persiapan Akhir Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) pada Selasa (21/12). Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Kepala BNPB Mayjen TNI Suharyanto, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga sampai Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi.

Dalam pertemuan itu disepakati bahwa pemerintah akan menerbitkan aturan kebijakan yang diperlukan untuk mengantisipasi periode sebelum dan sesudah Nataru. Mendagri akan mengeluarkan Surat Edaran terkait penanganan pra dan pasca Nataru.

“Akan dikeluarkan SE Mendagri untuk penerapan dan penegakan PeduliLindungi. Operasi lilin akan dilaksanakan pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Akan tetapi H-7 akan dilakukan kegiatan pra operasi, lalu setelah tanggal 2 (Januari) yaitu H+7 akan dilakukan post operasi, terutama oleh Polri, TNI serta aparat ketertiban di masing-masing daerah,” jelas dia dalam telekonferensi pers, Selasa (21/12).

Pemerintah juga akan melakukan penebalan petugas untuk mengantisipasi dampak pergerakan masyarakat di semua area. Mulai dari mall, restoran, jalan nasional, jalan tol dan lokasi wisata.

  • Bagikan