Sambut Hari Ibu, Kohati HMI Gowa Bahas Peran Perempuan Dalam Pembangunan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dalam rangka menyambut pergantian tahun dan hari ibu, Kohati Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya sukses menggelar dialog.

Dialog tersebut diselenggarakan di Red Corner Cafe Makassar, tanggal 20 Desember 2021 dengan mengangkat tema “Optimalisasi Perempuan dalam Pembangunan”.

Sejalan dengan tema yang diangkat, Kohati HMI Cabang Gowa Raya mengundang sejumlah narasumber diantaranya Andi Ina Kartika Sari ketua DPRD Sulsel dan Suahaida selaku Akademisi Perempuan.

Tak hanya itu, hadir juga narasumber lainnya yaitu pengamat politik Ibnu Hajar serta Konsultasi dan Aktivis Perempuan Ema Husain.

Dalam pemaparannya, Ema Husain meresahkan banyaknya terjadi kasus-kasus yang menimpa perempuan.

“Bayaknya kasus yang terjadi dlm masyarakat. Dimana korbannya adalah perempuan. Misalnya, kekerasan seksual, pernikahan dibawah umur,ilegal treficking hingga pelacuran online” ujarnya.

Lanjutnya, dia mengatakan bahwa ini masalah besar yang korbannya adalah perempuan. Oleh karena itu perempuan harus mengambil peran dalam menyelesaikan setiap kasus yg ada.

Senada dengan itu, Ibnu Hajar selaku akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar itu, menegaskan bahwa perempuan harus turut andil dalam kancah politik.

“Pentingnya menjaga semangat dan spirit perempuan di kancah politikDimana Perempuan harus mengambil peran strategis diruang publik agar bisa mengintervensi kebijakan, demi kemaslahatan perempuan” tegas Dosen KPI UINAM itu.

  • Bagikan