Satgas Nasional Penanganan Covid-19 Kawal Langsung Pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG — Muktamar Ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung akan dihadiri ribuan orang. Massa yang besar itu berpotensi menjadi sumber persebaran Covid-19. Tak ingin terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Satgas Nasional Penanganan Covid-19 bakal turun langsung ke lokasi muktamar.

Mereka akan melakukan pemantauan ketat untuk memastikan semua yang hadir mematuhi protokol kesehatan (prokes).

”Kasatgas Letjen TNI Suharyanto akan hadir memantau langsung ke lokasi,” kata Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Sonny B. Harmadi kepada Jawa Pos kemarin (20/12).

Panitia muktamar, ungkap Sonny, sudah beberapa kali berkomunikasi dengan satgas. Secara umum, kata dia, satgas menilai upaya mitigasi telah disiapkan dengan baik oleh panitia. ”Tapi, yang paling penting adalah pelaksanaannya. Memastikan seluruh peserta mematuhi prokes dengan baik,” tuturnya.

Beberapa poin kesepakatan antara panitia dan satgas, jelas Sonny, adalah pembatasan jumlah peserta yang telah dibagi ke beberapa titik. Panitia telah menjelaskan kepada satgas tata cara pelaksanaannya. Termasuk teknis penerapan prokes. ”Waktu pelaksanaan juga diperpendek dari tiga hari menjadi dua hari,” ujar Sonny. Sebelumnya muktamar dijadwalkan pada 23 hingga 25 Desember 2021. Namun, pada Kamis (16/12) lalu, panitia mengumumkan bahwa muktamar dimajukan menjadi 22 hingga 23 Desember 2021.

Ketua Panitia atau Organizing Committee (OC) Muktamar Ke-34 NU KH M. Imam Aziz menegaskan, hal tersebut menyesuaikan dengan keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) atas surat dari BNPB serta rekomendasi dari menteri dalam negeri, Mabes Polri, serta Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). ”Jadi, muktamar dimulai 22 Desember untuk pembukaan. Penutupannya tanggal 24 Desember pagi,” terangnya.

  • Bagikan