Vaksinasi Lansia Baru 42 Persen, Vaksinasi Anak Ikut Terkendala

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Pusat telah menginstruksikan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun bisa dilakukan di masing-masing wilayah.

Hanya saja, persyaratannya wilayah tersebut telah mencapai target minimal 70% (tujuh puluh persen) dosis pertama total sasaran dan target minimal 60% (enam puluh persen) dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Makassar Nursaidah Sirajuddin mengatakan, Makassar saat ini belum mencapai target tersebut.

"Kita berharap sampai Desember vaksinasi bisa mencapai 80 persen," kata Ida sapaan Nursaidah Sirajuddin, ketika dikonfirmasi, Selasa, (21/12/2021).

Dia menyebut, pemerintah Kota Makassar sendiri baru mencapai 79,23 persen vaksinasi dosis pertama dan vaksinasi lansia 42,04 persen per Senin 20 Desember 2021 kemarin.

Saat ini Pemkot telah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk melakukan vaksinasi door to door. Tapi memang capaiannya belum seberapa. Sehingga untuk mencapai target, vaksinasi massal rencananya bakal kembali digelar.

Beberapa upaya juga yang akan dilaksanakan adalah melakukan vaksinasi di masjid dan juga vaksinasi undian.

"Ini memang lambat karena sisa sedikit. Kita sudah melampaui target pemerintah pusat. Pada saat sisa mencari 20 persen, itu sisa sedikit yang ada di masyarakat. Jadi itulah yang akan kami sasar," jelasnya.

"Memang kendala juga di lapangan, ada juga lansia yang tidak mau divaksin, bukan karena lansianya itu sendiri tapi karena dari keluarganya juga," sambungnya.

Dia menduga, hoaks yang beredar selama ini terkait vaksin telah membuat masyarakat untuk takut divaksin.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan