WNA dari 11 Negara Ini Bakal Dikarantina Dua Minggu Jika Berkunjung ke Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan kembali mengajak masyarakat untuk bersatu mencegah penyebaran varian omicron.

Luhut menekankan agar masyarakat Indonesia tidak melakukan perjalanan luar negeri yang tidak esensial demi menekan lajunya penularan virus Covis-19 varian Omicron.

Bahkan jika kasus semakin meluas, Luhut bakal memberlakukan memberlakukan karantina selama 14 hari untuk WNA asal 11 Negara dengan tingkat penyebaran tinggi.

“Makin banyak negara yang telah mendeteksi varian ini, sudah ada 90 negara di dunia. Merespon ini, kita masih melarang kedatangan WNA dari 11 negara dengan mempertimbangkan prosedur karantina 14 hari jika semakin meluas,” ucap Menko Luhut dilansir dari situs resmi Menko Marves, Selasa (21/12/2021).

Diketahui saat ini ada 11 Negara dengan penyebaran Omicron terbesar yaitu Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, Malawi, Angola, Zambia dan Hongkong.

Britania Raya, Denmark, dan Norwegia akan ditambahkan ke dalam daftar asal negara pelaku perjalanan. Pasalnya, ketiga negara tersebut mengalami penyebaran kasus Omicron yang cepat.

Menurut Menko Luhut, karakteristik varian Omicron ini masih terus diteliti.

“Dengan tingkat kematian yang rendah, kita harus tetap waspada dan mendengarkan arahan resmi dari pemerintah,” tuturnya.

Kendati demikian, Luhut meminta agar masyarakat tidak panik dengan masuknya varian Omicron di Indonesia.

  • Bagikan