100 ASN Pemkot Makassar Kena Sanksi, 8 Dipecat Tidak Terhormat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah sepantasnya mengikuti peraturan perundang-undangan dan/atau peraturan kedinasan.

Namun, nyatanya masih banyak ASN yang tidak taat dengan aturan yang ada, termasuk yang ada di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Pemerintah kota Makassar sendiri mencatat 100 ASN yang diberikan sanksi sepanjang tahun 2021.

Rinciannya, 26 ASN yang telah dipecat. Delapan ASN dipecat secara tidak terhormat. Sementara, 18 ASN dipecat dengan hormat tidak atas permintaan sendiri.

Selebihnya ada 74 ASN yang diberikan sanksi disiplin selain pemecatan yakni 28 ASN mendapat sanksi disiplin ringan, 10 ASN mendapat sanksi sedang dan 36 ASN mendapat sanksi disiplin berat selain pemecatan.

“Yang sanksi disiplin berat itu ada yang dapat penurunan pangkat selama tiga bulan dua orang, pembebasan dari jabatan 33 orang, dan ada juga penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan,” kata Kepala Bidang Kinerja dan Penghargaan BKPSDMD Kota Makassar, Rosnaida, Selasa, (21/12/2021).

Dia menjelaskan, selama 2021 ini memang ada beberapa kasus disiplin ASN yang telah diproses. Salah satunya ada sanksi hukuman berat berupa pemecatan atau pemberhentian.

“Yang dipecat dengan tidak hormat itu adalah ASN yang terjerat kasus hukum. Kemudian kasusnya sudah dinyatakan inkrah. Rata-rata terkait kasus tindak pidana korupsi,” ujarnya.

  • Bagikan