DKN Sulawesi Gelar Pra Kongres, Tentukan Kebijakan Kehutanan Lima Tahun Kedepan

  • Bagikan

FAJAR.COID, MAKASSAR — Sudah dua hari Dewan Kehutanan Nasional Regional Sulawesi menggelar Pra Kongres Kehutanan Indonesia di Hotel Mercure.

Acara Pra Kongres DKN Regional Sulawesi rencananya digelar 20-22 Desember 2021. Dengan mengusung tema “Suara Rakyat Sulawesi : Membangun Daya Saing Kehutanan Untuk Kelangsungan Hidup Masyarakat”. Acara ini diselenggarakan setiap lima tahun sekali.

Kegiatan ini melibatkan banyak pihak seperti Dewan Kehutanan Nasional, unsur/kamar masyarakat, LSM, akademisi, pemerintah, dan unsur pengusaha.

Sekretaris Panitia Pra Kongres, Arief Budi Setiawan mengatakan para stakeholder yang hadir masih berupaya mencari rumusan terbaik yang akan dibawa ke Kongres Januari 2022 mendatang.

“Saat ini memang hari kedua ini kita sedang dalam proses bersama-sama mencari rumusan terbaik apa yang bisa kita berikan dari Sulawesi kepada Indonesia khususnya di bidang kebijakan kehutanan,”katanya.

Menurut Arif, ada bidang terjadi menjadi pembahasan menarik dan agak panjang. Keduanya adalah green economy dan perhutanan sosial, karena di sana melibatkan unsur kerakyatan, melibatkan unsur masyarakat.

“Di situ ditekankan masyarakat di sekitar masyarakat hutan peduli peduli tentang kawasan hutan secara langsung mendapat manfaat dari kawasan hutan itu,”sebutnya.

Lebih lanjut kata Arif, masyarakat sekitar hutan wajib peduli dengan kawasan hutan baru sebelum bicara manfaat dari kawasan hutan.

“Contohnya hutan itu tentu saja kaya sekali dengan sumber daya alam khususnya penyediaan air bersih, tetapi kalau kita tidak peduli dengan sumber airnya masyarakat tidak bisa mendapat masyarakat air contohnya kalau hutan di Toraja habis masyarakat di sekitar hutan tidak peduli dampaknya tidak pada masyarakat Toraja saja sampai ke Pinrang,”jelasnya.

  • Bagikan