Peringatan BMKG tentang Potensi Banjir dan Longsor di Lombok Barat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LOMBOK BARAT – Potensi hujan tinggi terus meningkat. Demikian diungkapkan Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lombok Barat, Restu Patria Megantara di Praya, Rabu (22/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lombok Barat menyebutkan bahwa pada akhir tahun 2021 potensi hujan di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih tinggi.

“Potensi hujan masih tinggi, mengingat saat ini akan memasuki puncak musim hujan,” ujar Restu.

Meratanya musim hujan di wilayah NTB berpotensi meningkatkan frekuensi dan intensitas curah hujan secara signifikan di akhir tahun 2021. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologis yang dapat ditimbulkan seperti hujan lebat, angin kencang, banjir, dan potensi longsor.

“Ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal,” katanya.

Pada dasarian III Desember 2021 terdapat potensi terjadinya hujan dengan intensitas menengah dan yang cukup tinggi terutama di wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, sebagian Kabupaten Lombok Tengah, Jerowaru, sebagian wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, sebagian besar wilayah Bima dan Dompu.

“Hujan dengan intensitas >100 mm/dasarian berpotensi terjadi secara merata hampir di seluruh wilayah NTB,” lanjutnya.

Terdapat juga potensi hujan dengan intensitas >150mm/dasarian yang berpotensi terjadi di wilayah Kota Mataram, sebagian besar wilayah Kabupaten Lombok Barat, wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur bagian selatan, Kabupaten Sumbawa Barat bagian selatan, sebagian kecil Kabupaten Sumbawa, sebagian besar wilayah Bima dan Dompu, dengan peluang sebesar 10-30 persen. (ant/jpnn/fajar)

  • Bagikan