Sopir Pete-pete Tolak Teman Bus, Plt Gubernur: Hanya Butuh Komunikasi

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kehadiran teman bus di Kota Makassar menuai protes sopir angkot atau Pete-pete. Mereka menganggap transportasi massal itu merebut penumpangnya.

Bahkan sopir Pete-pete berulang kali turun ke jalan memprotes teman bus yang mengakibatkan operasional dihentikan sementara.

Merespons hal itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan kedua belah pihak hanya butuh komunikasi. Bagaimana agar permasalahan ini dicarikan jalan keluar.

“Butuh komunikasi dulu bagaimana modelnya, supaya bisa ada titik temu. Terkait ini kita tidak mungkin berpikir bahwa menjalankan program ini kemudian ada yang dikorbankan, tidak seperti itu,”katanya.

Selain itu, Sudirman juga meminta Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto agar segera mencarikan solusi sopir Pete-pete ini. Sebab penolakan banyak terjadi di wilayahnya.

“Itu langsung di tanya ke kota nya. Biar pak wali kota. Kita menunggu bagaimana baiknya. Karena yang menahan kan kebanyakan pete-pete wilayah Makassar. Kami akan koordinasi dengan pak wali kota untuk itu. Karena teman bus itu sangat dibutuhkan masyarakat,”sebutnya.

Menurut Sudirman, permasalahan yang dihadapi sekarang harus banyak belajar dari Jakarta. Dimana bus penumpang bisa beroperasi dengan angkutan kota (angkot).

“Mungkin awalnya saja begini. Tentu kita minta juga untuk supir angkot kita ingin fasilitasi, kita minta dari Kementerian. Sudah ada harusnya kita mensuport. Tentu pendekatannya dengan komunikasi, karena terjadi juga di Jakarta dan bisa selesai juga. Mereka tetap bisa jalan, bus nya jalan angkotnya juga,”bebernya.

  • Bagikan