Soroti Bantahan Stafsus Menag, Anggota Komisi VIII: Jangan Kembali Bikin Gaduh!

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf, mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel), melalui Sekretaris Daerah-nya, atas kinerja positif dalam menuntaskan polemik yang sempat menimbulkan ketegangan di tengah umat beragama akibat edaran ‘pasang spanduk natal’ yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Kemenag Kanwil Sulsel) pada 14 Desember 2021 lalu.

Selain itu, Bukhori turut mengapresiasi sikap Kemenag Kanwil Sulsel yang bersedia mencabut edaran tersebut sebagai respons terhadap aspirasi yang dilayangkan oleh elemen masyarakat setempat.

Keterangan terkait pencabutan edaran dari Kemenag Kanwil Sulsel tertera dalam surat yang diterbitkan oleh Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulawesi Selatan (Prov. Sulsel) bernomor 003.2/12586/B.Kesra tertanggal 16 Desember 2021 yang ditandatangani langsung oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat.

Disebutkan dalam surat tersebut, hasil dari musyawarah antara Setda Prov. Sulsel dan Kemenag Kanwil Sulsel adalah Kepala Kemenag Kanwil Sulsel menyatakan telah mencabut edaran terkait dan berharap agar tidak ada tindak lanjut oleh satuan kerja Kemenag di struktur bawah perihal imbauan untuk memasang spanduk ucapan natal dan tahun baru sebagaimana tertera dalam edaran sebelumnya.

“Apa yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel dan Kemenag Kanwil Sulsel patut diapresiasi sebagai sikap negarawan. Mereka telah menunjukan tindakan responsif yang mengutamakan kemaslahatan, kerukunan, dan penghargaan terhadap local values di atas kepentingan lembaga. Hal itu sekaligus mencerminkan keberadaan Negara yang hadir di tengah umat beragama dan komitmennya dalam memelihara harmoni di tengah keragaman,” ucap Bukhori di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

  • Bagikan