27 Kades Dilantik, Akan Wujudkan Desa Hebat Berkelanjutan di Pangkep

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,PANGKEP– Terdapat 27 Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik langsung Bupati Pangkep, Muh Yusran Lalogau di Ruang Pola, Rabu, 22 Desember.

Bupati termuda di Sulsel itu meminta keseriusan kades yang dilantik untuk membangun desanya dengan mengedepankan pembangunan berkelanjutan dan bersinergitas.

“Pemerintah desa, agar dapat berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan aparat desa, aparat kepolisian dan TNI setempat dalam rangka membangun sinergitas yang baik,” jelasnya.

Selain itu, Yusran menyebut pentingnya sinergitas dibangun untuk mewujudkan pemerintahan desa yang hebat dalam rangka menekan angka kemiskinan dan stunting dari desa. Ia menyebut bahwa di Kabupaten Pangkep yang menjadi agenda besar yaitu pencegahan dan penanganan stunting. Para kades dituntut untuk terlibat aktif.

“Terpenting juga kolaborasi dalam rangka pencegahan stunting dan menekan angka kemiskinan mulai dari desa,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pangkep, Zulfadly mengatakan bahwa, momentum pilkades ini merupakan cikal bakal dari kemandirian desa menuju pembangunan desa yang berkelanjutan.

“Kedepannya diharapkan terbangun kemandirian desa yang berkelanjutan. Tidak satu orang pun warga desa yang tertinggal, untuk itu kepala desa harus mampu bersosialiasi dan membangun desa yang berkelanjutan dan tidak terhenti pada satu titik tujuan. Namun berorientasi pada aspek outcomenya,” paparnya.

Kepala Desa Bulu Cindea, Made Ali mengaku dengan amanah yang diberikannya untuk dua periode ini akan lebih membuat program-program yang akan mendorong kemandirian desa. “Program-program pemberdayaan akan kami tingkatkan serta bantuan untuk petambak, nelayan dan usaha-usaha yang ada di desa. Ini untuk membuat desa kami lebih baik lagi atas amanah yang diberikan ini,” paparnya.(fit)

  • Bagikan