Agenda Pemilihan Rais Aam dan Ketua Umum PBNU, Ini Kiai Sepuh yang Disebut-sebut Masuk AHWA

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, LAMPUNG — Agenda pemilihan Rais Aam dan ketua umum PBNU dalam muktamar ke-34 di Lampung, bakal dilaksanakan Kamis (23/12) hari ini. Jika tidak molor atau sesuai rundown, pengesahan Rais Aam terpilih akan dilaksanakan pukul 20.30-21.30 WIB.

Rencana awal, pelaksanaan pemilihan Rais Aam dan ketua umum PBNU akan bertempat di Pondok Pesantren Darussa’adah, Lampung Tengah. Namun, karena pertimbangan tertentu, terutama jarak, maka agenda krusial tersebut juga akan berlangsung di Bandar Lampung.

Memang, dari Bandar Lampung ke Pesantren Darussa’adah cukup jauh. Jika macet bisa lebih dari 1,5 sampai 2 jam. Seperti saat pembukaan muktamar kemarin (22/12) akses menuju ke lokasi lumayan padat. Maklum, kehadiran ribuan peserta dan penggembira muktamar dari penjuru tanah air, Kota Lampung menjadi padat. Selain itu, kondisi jalan di beberapa titik juga tidak seberapa lebar.

Sebelum pengesahan Rais Aam terpilih, sidang pleno akan terlebih dulu melakukan penghitungan suara calon ahlul halli wal aqdi (AHWA) pada pukul 15.30-17.30 WIB. Bakal ada sembilan kiai khos atau ulama sepuh yang diajukan oleh rais syuriah di tingkat PCNU dan PWNU se-Indonesia. Setidaknya ada sekitar 560 suara.

Para peserta sudah mengajukan nama-nama kiai sepuh untuk masuk dalam AHWA. Nah, panitia tinggal melakukan tabulasi, kemudian menetapkan sembilan suara terbanyak.

  • Bagikan