BMKG Prediksi NTB Bakal Diguyur Hujan Lebat dan Angin Kencang hingga 7 Hari ke Depan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MATARAM – Prakirawan Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Zaenudin Abdul Majid meminta masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) waspada terhadap potensi bencana yang akan terjadi seperti banjir, tanah longsor, genangan air dan pohon tumbang.

Kondisi ini terjadi lantaran Bumi Gora NTB tujuh hari ke depan diprediksi akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Menurut Zaenudin Abdul Majid, mulai tanggal 23 -26 Desember diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di NTB.

Mulai dari wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur. Selain itu juga, berpotensi terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu. “Pontensi hujan terjadi dari siang hingga malam hari,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi, Zaenudin Abdul Majid.

Sedangkan dari tanggal 27-29 Desember di prediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di NTB.

Mulai dari wilayah Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang dapat terus pada siang hingga malam hari.

Menurut Zaenudin, berdasar data analisis dinamika atmosfer terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Sumatera, Jawa bagian tengah dan timur memanjang hingga Bali, NTB, NTT, Sulawesi bagian tengah.

  • Bagikan