Perseroda Sulsel Jajaki Pengelolaan KA Makassar-Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jalur kereta api rute Makassar-Parepare diharapkan rampung pertengahan tahun 2022. Moda angkutan umum massal tersebut akan menjadi pilihan bagi masyarakat Sulsel, mengingat Kereta Api (KA) ini pertama kali akan hadir di Sulawesi.

Menjajaki kemungkinan pengelolaan KA Perintis tersebut, PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) alias Perseroda Sulsel mengupayakan menjadi operator. Dirut Perseroda Sulsel, Yasir Machmud terus melakukan upaya komunikasi dan koordinasi dengan Plt. Gubernur dan Menteri perhubungan dalam rangka peluang pengelolaan operator KA.

Sepanjang tahun 2020 Perusda beberapa kali menghadiri kegiatan persiapan yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan di Jakarta. Agustus 2021 misalnya, kembali menemui Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, bersama Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA, Danto Restyawan. “Oktober lalu kita juga menerima Dirjen Perkeretaapian Zulfikri dan jajarannya bersama Plt Gubernur terkait keinginan daerah untuk dilibatkan dalam pengelolaan Operator KA Jalur Makassar-Pare,” kata Yasir.

Selain itu PT SCI sudah melakukan penjajakan dengan berbagai pihak dan persiapan administrasi yang diperlukan sebagai bukti keseriusan mengikuti proses pemilihan sebagai operator. Ia berharap Menhub dan PT. KAI sebagai pemilik kewenangan agar memberikan peluang kepada Perseroda dalam pengelolaan nantinya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengestimasi pembangunan KA Makassar-Pare Pare diperkirakan beroperasi pada semester III atau IV tahun 2022. “Belum sampai Makassar tapi mungkin sudah sampai Maros dengan Main Line tinggal sekitar 60 Km dengan posisi sampai akhir tahun 85 persen,” beber Budi. (nsrn)

  • Bagikan