Rudenim Makassar Kawal Pengungsi asal Afghanistan Menuju Bandara Soekarno Hatta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Rumah Detensi Imigrasi Makassar (Rudenim) Kemenkumham Sulawesi Selatan melakukan pengawalan pemberangkatan terhadap satu orang Pengungsi asal Afghanistan ke TPI Bandara International Soekarno-Hatta (22/12).

Setelah 7 tahun ‘menunggu’ di Kota Makassar,  Mohammad Mahdi (30th), pengungsi laki-laki asal Afganistan akhirnya diberangkatkan ke Negara Australia dalam rangka Resettlement (pemukiman kembali).

Beruntung bagi Mahdi, karena tahun 2021 ini berdasarkan data Rudenim Makassar hanya enam pengungsi yang berkesempatan mendapatkan resettlement.

Alimuddin selaku Kepala Rudenim Makassar mengatakan bahwa pemberangkatan pengungsi dalam rangka Resettlement tahun 2021 memang berkurang, hal ini dikarenakan kebijakan pengurangan penerimaan dari negara-negara suaka, ditambah lagi dengan adanya larangan bepergian karena Pandemi Covid-19.

Berbeda dengan tahun 2020 lalu, jumlah resettlement jauh lebih banyak, yaitu dilaksanakan  terhadap 46 pengungsi dengan negara tujuan adalah Kanada, Australia dan USA.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Dodi Karnida menambahkan berkurangnya jumlah resettlement tahun 2021 kemungkinan besar juga  akibat kebijakan pemerintahan negara penerima yang dipengaruhi oleh situasi di Afghanistan sehingga menimbulkan gelombang pengungsi baru.

“Tentu saja harapan kita ke depan, situasi keamanan dunia semakin kondusif sehingga aliran penempatan pengungsi dari Indonesia khususnya dari Makassar, semakin meningkat.” Ujar Dodi.

Terkait kebijakan penempatan pengungsi yang terus berkurang, Alimuddin mengatakan bahwa ada solusi lain selain resettlement, yaitu AVR (Assisted Voluntary Returned/ pemulangan kembali secara sukarela).

  • Bagikan